, APAC
952 views

UNIQLO Malaysia dan Singapura mengandalkan digitalisasi untuk pengalaman berbelanja yang lebih baik

Mereka menggunakan price tag scanner dan layanan same day click and collect 

UNIQLO bertujuan untuk menyediakan pakaian untuk semua dan pengalaman berbelanja pelanggan di dalam toko ataupun secara online . Hal itu menjadi salah satu prioritas utama ‘raksasa’ pakaian jadi tersebut.

Toko fisik tetap menjadi bagian penting dari operasi ritel perusahaan dan UNIQLO terus memperbaharui nya untuk memberikan pengalaman baru kepada pelanggan mereka. Tetapi perusahaan juga menggunakan layanan digital yang akan semakin meningkatkan pengalaman belanja pelanggannya.

Alat digital penting yang mereka gunakan adalah price tag scanner dan penerapan layanan same day click and collect di toko online-nya.

Retail Asia bertemu dengan Yuki Yamada, CEO Uniqlo Malaysia dan Singapura, tentang inovasi yang mereka lakukan dan tren di industri pakaian jadi.

Apa prioritas UNIQLO Singapura dan Malaysia dalam menyediakan layanan dan mengembangkan produk kepada pelanggannya?

Sejak perusahaan kami didirikan, kami menganggap misi kami menyediakan pakaian untuk meningkatkan kehidupan orang di mana pun. Kami menciptakan pakaian untuk semua orang. Ini tercermin dalam slogan kami, "Made for All," yang tetap menjadi elemen inti dari filosofi LifeWear kami. Prioritas kami selalu adalah pelanggan kami dengan fokus pada pengalaman berbelanja mereka baik di dalam toko maupun online, di mana mereka dapat mengharapkan layanan yang sangat baik dengan transisi yang mulus dari satu ke yang lain, seperti melalui layanan click & collect kami dan menyediakan lebih banyak ukuran melalui toko fisik pilihan dan toko online kami.

Produk kami, di bawah filosofi LifeWear, mencerminkan dengan sangat baik kebutuhan pelanggan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Kami menyediakan berbagai macam kebutuhan pakaian sehari-hari untuk wanita, pria, ibu hamil, bayi dan anak-anak. Termasuk aksesoris dari masker wajah hingga kaus kaki dan alas kaki serta pakaian sehari-hari di rumah, pakaian untuk bekerja, untuk bersantai, pakaian olahraga, AIRism dengan bahan yang dingin serta memiliki sirkulasi udara yang baik dan HEATTECH agar tetap hangat. 

Bagaimana pandemi mempengaruhi operasi bisnis UNIQLO terutama di Singapura dan Malaysia? Bagaimana Anda mengatasinya?

Di UNIQLO, kami selalu beradaptasi untuk tetap berada di atas dalam melayani kebutuhan pelanggan kami. Dengan fase pembatasan (lockdown) yang berbeda dan pembukaan kembali toko fisik, pandemi ini secara alami mempercepat peralihan ke digital baik itu di Singapura dan Malaysia. Kami memutar bisnis kami untuk memberikan penawaran kami kepada konsumen secara online, meningkatkan kehadiran digital kami yang sudah ada.

Namun, untuk sukses, e-commerce dan toko fisik perlu bersinergi, itulah sebabnya toko fisik tetap sama pentingnya. Kami terus memperbarui toko kami untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik sambil menerapkan standar keselamatan yang tinggi melalui jaga jarak aman dan prosedur disinfektan secara reguler. Di Singapura, kami memperkenalkan UNIQLO Town, yang menawarkan tiga pengalaman berbeda di toko-toko kami di sepanjang kawasan belanja terintegrasi Orchard Road untuk memberi para pembeli pengalaman ritel yang menarik dan hyper-local di dalam toko.

Di bidang e-commerce, kami terus meningkatkan efisiensi dan mengubah sistem distribusi kami untuk memastikan pengiriman pembelian online yang cepat.

Sebagai bisnis, kami juga berkomitmen untuk memiliki dampak positif pada masyarakat. Tahun lalu, kami dengan cepat meluncurkan masker AIRisme kami, dan tingkat penerimaannya sangat menggembirakan. Kami bermitra dengan foodpanda di Singapura dan mendistribusikan 13.000 masker AIRism lewat seluruh armada pengendara mereka. Baru-baru ini, kami juga bermitra dengan hawerheroes.sg untuk mendistribusikan 15.000 paket masker AIRisme ke pedagang asongan di sekitar Singapura.

Toko utama UNIQLO Singapura di Orchard Central akan merayakan hari jadinya. Program atau inovasi apa yang akan Anda laksanakan?

Selama bulan Oktober, toko utama UNIQLO Singapura yang berlokasi di Orchard Central akan merayakan ulang tahun kelimanya. Pelanggan dapat menantikan pengalaman berbelanja baru di dalam toko dari mulai adanya gerobak kopi, aktivitas pembibitan tanaman, hingga workshop mingguan di dalam toko, termasuk workshop daur ulang dan bordir. Hal lain dari peringatan hari jadi UNIQLO adalah acara live streaming baru yang memberi pelanggan pandangan pertama pada item penawaran terbatas mingguan berikut dengan tayangan tentang cara menggunakannya, serta peluncuran layanan same day Click & Collect di situs web kami, di mana pelanggan dapat mengakses lebih banyak ukuran, short list item untuk ditempatkan di wishlist mereka, dan dapat memeriksa ketersediaan produk yang mereka inginkan sebelum menuju ke toko.

Juga akan ada pameran beberapa inovasi produk kami, yang menyoroti LifeWear Masterpieces kami yang merupakan produk dari jajaran inti kami yang membawa teknologi luar biasa dan mewakili merek kami. Ini termasuk item rajutan 3D, dibuat menggunakan mesin rajut khusus yang menghasilkan rajutan mulus dengan siluet yang indah, dan item benang souffle yang menawarkan kenyamanan lembut dan tidak menggores kulit.

Bagaimana layanan ini bermanfaat bagi bisnis dan pelanggan?

Layanan tersebut memperkuat inovasi produk yang terus ditawarkan UNIQLO kepada pelanggan kami — pakaian sederhana yang dibuat agar lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang dan memungkinkan mereka dalam merangkul gaya hidup dan nilai-nilai baru. Pada saat yang sama, workshop dan acara live streaming mingguan bertujuan untuk menginspirasi pelanggan dalam menata penampilan mereka sendiri dengan koleksi kami sambil menambah pengalaman mereka dengan produk kami dengan memberikan pakaian preloved  a new lease of life”.

Sebagai CEO, bagaimana Anda menggambarkan memimpin bisnis selama pandemi dibandingkan dengan masa sebelumnya?

Pandemi telah membawa perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam cara kita hidup. Yang paling penting bagi kami adalah kami terus memenuhi kebutuhan konsumen kami dengan produk kami. Bahkan sebelum pandemi, ada tiga prinsip yang membimbing saya dalam memimpin bisnis :

Terbuka dengan karyawan kami. Di UNIQLO, kami selalu bertujuan untuk terbuka dengan karyawan kami saat kami memberdayakan mereka untuk mengadopsi pola pikir seorang pemimpin bisnis dan menjadi bagian dari proses pengambilan keputusan dengan prinsip-prinsip manajemen Global One dan Zen-in Keiei kami. Keterbukaan ini juga penting selama pandemi ketika kami bertujuan untuk berbagi informasi lebih awal dan seringkali untuk meminimalisir ketidakpastian. Transparansi informasi dan komunikasi terbuka ini mendorong lingkungan yang memungkinkan staf merasa lebih terlibat dengan bisnis.

Membuat keputusan dengan mempertimbangkan pelanggan kami. Dengan pandemi yang membawa perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam cara kita hidup, yang paling penting bagi kita adalah bahwa kita terus memenuhi kebutuhan konsumen kita dengan produk dengan harga terjangkau. Dalam normal baru ini, kami telah mengamati bahwa mereka berputar ke arah hal-hal penting dan semakin memprioritaskan kenyamanan, nilai, dan kualitas. Kami percaya bahwa UNIQLO LifeWear berada dalam posisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup baru, menyediakan pakaian sehari-hari berkualitas tinggi dan terjangkau untuk memenuhi semua aktivitas, baik itu telecommuting, latihan dalam ruangan, bersantai di rumah, atau bermain bersama anak-anak.

Kami meninjau kembali nilai pada merek kami untuk berkontribusi pada komunitas tempat kami beroperasi. Tinggal di lima negara yang berbeda, selama ini telah membantu saya belajar tentang bekerja dengan orang-orang dari beragam budaya dan latar belakang. UNIQLO adalah bisnis global, tetapi senantiasa menghormati budaya dan tradisi masing-masing komunitas serta lingkungan di mana ia beroperasi. Kami berusaha keras untuk membangun toko dengan koneksi lokal yang kuat dan berkontribusi pada komunitas dan pembangunan ekonomi di negara dan wilayah tempat kami beroperasi. 

Apa tren yang Anda amati di industri ritel pakaian saat ini?

Dengan percepatan digitalisasi, kami terus mengidentifikasi cara untuk memanfaatkan alat digital untuk melibatkan pelanggan kami dan mendukung mereka dengan pengalaman berbelanja yang mulus. Misalnya, kami memiliki panduan mendalam dan komprehensif di situs web kami untuk memberi tahu mereka cara mengukur dimensi pakaian dan tubuh sehingga pakaian yang mereka beli sangat pas.

Dari akhir tahun lalu, kami telah menerapkan fungsi price tag scanner, di mana pelanggan dapat melihat detail dan informasi suatu produk hanya dengan memindai label harganya; dan fungsi pembayaran baru di mana pelanggan dapat membayar barang di toko untuk mengamankan stok item online. Selain itu, dengan peluncuran layanan terbaru same day Click & Collect, pelanggan dapat dengan mudah mengamankan stok yang mereka inginkan di toko fisik sebelumnya melalui toko online kami.

Secara umum, dengan orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, kami juga telah melihat pengambilan atau pengambilan pada pakaian yang cocok untuk "bekerja dari rumah" dan karenanya ada peningkatan pembelian pakaian smart-casual. Pada akhirnya, kami terus melihat pelanggan yang mencari pakaian yang nyaman dan fungsional yang menawarkan nilai ekonomi yang lebih bagus bagi mereka.

Apa rencana UNIQLO Singapura dan Malaysia selanjutnya?

Kami akan membuka lebih banyak toko ritel sebagai bagian dari rencana ekspansi kami untuk terus memenuhi kebutuhan pelanggan kami. Kami juga akan melanjutkan upaya kami untuk mempromosikan keberlanjutan dan mendukung masyarakat. Selain mengumpulkan barang-barang UNIQLO yang preloved (sudah dicintai sebelumnya) dan menyumbangkannya ke komunitas yang kurang mampu, kami juga bekerja dengan wanita berpenghasilan rendah untuk untuk mendaur ulang sisa kain dari layanan kami.

Di Malaysia, kami akan terus mendukung generasi berikutnya melalui peluang pendidikan. Kami akan memperluas Program Pelatihan Ritel kami untuk memberikan keterampilan ritel kepada para penyandang cacat, terpinggirkan, dan anak-anak muda, serta menjangkau sekolah untuk mendidik siswa tentang keberlanjutan. Sementara itu, kami juga bertujuan untuk membantu kelompok rentan melalui memberikan pelatihan literasi digital dan keterampilan wirausaha, di samping menyumbangkan pakaian LifeWear fungsional untuk mendukung kehidupan sehari-hari mereka. Kami juga akan mempercepat upaya lingkungan kami, khususnya dalam inisiatif daur ulang dan memanfaatkan sumber daya secara efisien dan mempromosikan konservasi melalui kolaborasi dengan LSM.

Di Singapura, kami ingin memperluas kehadiran dan kesadaran inisiatif keberlanjutan kami melalui Sustainability Corners kami di toko-toko, yang menyoroti komitmen kami terhadap pengelolaan sumber daya berharga yang berkelanjutan. Saat ini kami memiliki Sudut Keberlanjutan ini di toko-toko kami di Orchard Central, Plaza Singapura dan Tampines Mall, Bandara Jewel Changi, Great World City, dan Bugis +, dan ingin mereplikasi ini lebih banyak di toko kami yang lainnya. 

Follow the link for more news on

Bagaimana agar toko fisik tidak terlalu membosankan? Ini kata para ahli

Toko fisik harus mengubah pengalaman pembeli dengan menerapkan strategi "phygital".

Masa depan cerah bagi pasar ritel mewah Indonesia

Meskipun begitu, sejumlah besar konsumen di negara ini tetap tidak terlayani.

Brand-brand APAC masuk ke media sosial untuk berinteraksi dengan konsumen

Studi Nielsen menemukan 56% tenaga pemasar APAC menganggap media sosial sebagai saluran yang paling efektif.

Bagaimana J&T Express Singapura mengatasi permasalahan kekurangan talenta

Peningkatan keterampilan dan otomatisasi membantu perusahaan logistik itu tetap bertahan.

Alasan HappyFresh ‘all out’ dalam teknologi dan produk

Dari 400 karyawan, setengahnya ditempatkan untuk mengurus teknologi dan produk.

Conversational commerce menyeimbangkan persaingan brand secara online

Meninggalkan konsumen dengan pertanyaan yang belum terjawab dapat mengakibatkan hilangnya pendapatan $2 juta per hari.

Lazada membangun raksasa e-commerce dari 'lembaran kosong'

Mereka beralih dari bisnis jual beli ke marketplace, sebelum menemukan campuran yang tepat dalam model ritel e-commerce yang sekarang digunakan.

Wewangian saat ini mengalami 'efek lipstik'

Menggantikan produk untuk bibir, wewangian menduduki puncak kategori kecantikan ZALORA baik di 2020 maupun 2021.

ErgoTune dan EverDesk+: Perabotan kantor yang nyaman tidak harus mahal

Merek asal Singapura ini membawa kursi dan meja ergonomis ke pasar luar negeri dengan harga masing-masing mulai dari $399 dan $599.

Toko ritel yang menyesuaikan diri untuk mengejar perlombaan digitalisasi

Pengecer akan membutuhkan lebih dari 200 jam untuk mendigitalkan produk mereka secara manual, tetapi Fairmart mengklaim ini dapat dipangkas hingga nol