, Singapore
1422 views

Apa yang Anda lihat itu yang Anda dapat: Belanja lewat livestreaming menjadi daya tarik di Singapura

Penyedia logistik J&T Express dan platform e-commerce Mdada.live berharap untuk meraup untung dari tren belanja ini.

Belanja online akan terus diminati, bahkan ketika tingkat vaksinasi meningkat dan memungkinkan lebih banyak orang untuk pergi ke luar dan berbelanja di toko fisik. Sebuah studi dari VMware menemukan bahwa empat dari 10 orang di Asia Tenggara tidak berencana untuk kembali ke kebiasaan belanja fisik lama, sementara studi Euromonitor secara terpisah melihat peluang penjualan lebih dari US $ 68,5 miliar dalam e-commerce di wilayah Asia Pasifik.

Tapi itu berarti pembeli akan memiliki lebih sedikit kesempatan untuk memeriksa foto produk yang lalu beserta deskripsinya yang berpotensi untuk mereka beli. Angka dan ukuran pada pakaian tidak akan benar-benar tepat lewat foto, begitu juga kesegaran pada makanan yang sulit diukur lewat foto.

Masuk ke platform livestreaming, atau penjualan langsung pada saat itu juga (liveselling) adalah ketika penjual menjadi host dalam video mempresentasikan barang-barang mereka yang ada di e-commerce dan platform media sosial mereka. Di sana mereka menunjukkan produk mereka, mengobrol dengan pelanggan mereka, dan menghibur audiens mereka. Tren ini tumbuh di Asia Tenggara, dan pebisnis Singapura benar-benar memperhatikan hal tersebut. Perusahaan logistik J&T Express telah melakukan peragaan pakaian secara livestreaming yang sukses pada bulan Agustus, sementara platform penjualan Mdada.live baru saja meluncurkan hub livestreaming dengan sebelas ruang studio lengkap dengan peralatan dan tim teknis.

Livestreaming memungkinkan konsumen untuk memiliki pengalaman produk atau layanan yang dekat dan lebih personal ketika livestreamer melakukan demonstrasi langsung untuk menunjukkan kualitas atau efektivitas produk / layanan. Selain itu, livestreaming tidak terlalu memakan tempat dan memiliki elemen topik percakapan dan nuansa yang dapat ditambahkan untuk menunjukkan relevansi produk dan layanan. Konten tersebut akan tersampaikan lebih baik kepada pelanggan, ”kata Mdada.live Co-founder, Pornsak Prajakwit dalam  wawancaranya bersama Singapore Business Review.

“Ini juga mempercepat proses pengambilan keputusan  pembelian konsumen, karena mereka, pada saat ini, bergeser dengan cepat dari sekedar memiliki perhatian pada produk ke pembelian. Penawaran waktu terbatas seperti voucher dalam satu kali penggunaan menghasilkan rasa urgensi efektif dan dapat menghasilkan tingkat konversi hampir sepuluh kali lebih tinggi daripada penjualan e-commerce konvensional, ”kata CEO J&T Express Singapura Andrew Sim dalam wawancara terpisah dengan Singapore Business Review.


Tren ini menghasilkan angka bagi kedua perusahaan. Mdada.live dapat mencapai 20.000 followers dengan pendapatan tujuh digit per bulan dan lebih dari 100.000 viewers bulanan sejak didirikan pada September tahun lalu. Platform ini telah mengumpulkan 1.600.000 tampilan livestreaming dari 500 kali livestreaming. Dengan Live-Stream Hub-nya, ia mengharapkan pendapatan delapan digit bulanan dalam enam bulan ke depan, karena meningkatkan kapasitasnya menjadi 1.000 jam sesi penjualan livestreaming per bulan, sekitar 80% peningkatan jam tayang. Untuk bagiannya, JT&T ingin melihat peningkatan permintaan pengiriman setelah adanya acara-acara livestreaming yang besar.

Follow the links for more news on

Industri garmen dan tekstil Indonesia mendesak pemerintah untuk bertindak terhadap impor, biaya, dan ketidakstabilan

Industri menghadapi tantangan seperti rendahnya daya saing, PHK massal, dan pasar ekspor yang menurun.

Meningkatnya minimarket memaksa toko-toko format besar untuk memikirkan ulang strategi pertumbuhan mereka

Fokus mereka seharusnya beralih ke arah kepadatan pelanggan dibandingkan skala toko.

AEON Mall Indonesia menguasai pengalaman berbelanja di daerah pinggiran kota

Mal AEON kelima yang akan dibuka di Kota Deltamas pada Maret 2024 akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Aeon akan memasang sistem tenaga surya di pusat perbelanjaan di Indonesia

Panel surya di Aeon Mall BSD City akan menghasilkan 1.

MST Golf mengubah lanskap ritel golf di Indonesia

Eksekutif ERAL percaya bahwa kemitraan ini akan mendorong gaya hidup bermain golf di seluruh Asia.

Menghargai Warisan Evelyn B. Salire — Alive, Ablaze, dan Active

Kepemimpinannya selama 29 tahun telah mengubah Asosiasi Peritel Filipina menjadi kekuatan ritel modern yang responsif.

GrandLucky Superstore memanfaatkan customer insight dalam mengkurasi produknya 

Superstore ini kini beroperasi di tujuh lokasi di seluruh Indonesia.

Memberikan pengalaman belanja terbaik: Bagaimana teknologi mengarahkan masa depan berbelanja di Asia

Omnichannel tetap krusial untuk operasi bisnis, sementara AI terbukti bermanfaat di bagian front dan back-end.