, Indonesia
678 views
Takashi Okada, President Director of AEON Mall Indonesia

AEON Mall Indonesia menguasai pengalaman berbelanja di daerah pinggiran kota

Mal AEON kelima yang akan dibuka di Kota Deltamas pada Maret 2024 akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Dalam upaya mendekati pasar target mereka - keluarga kelas menengah atas, PT AEON Mall Indonesia terus melakukan ekspansi ke lokasi potensial yang dipilih,di mana seluruhnya terletak di daerah pinggiran kota, alih-alih di pusat kota. Langkah ini menempatkan AEON Mall sebagai bagian integral dari struktur ekonomi lingkungan di sekitarnya.

Sejak mulai beroperasi  pada 2015, AEON Mall Indonesia kini mengoperasikan empat mal di daerah pinggiran kota Jabodetabek: AEON Mall BSD di Tangerang, AEON Mall Jakarta Garden City di Jakarta Timur, AEON Mall Sentul di Bogor, dan AEON Mall Tanjung Barat di Jakarta Selatan.

Yang terakhir dibuka di tengah pandemi pada 2021, dan sekarang AEON Mall telah memulai proses untuk mal kelima, yang dijadwalkan akan dibuka pada Maret tahun ini - AEON Mall Deltamas di Cikarang

"Walaupun setiap mal AEON memiliki identitas unik, kami memiliki identitas bersama yaitu 'menciptakan masa depan kehidupan bersama komunitas lokal,'" kata Direktur Utama AEON Mall Indonesia, Takashi Okada, kepada Retail Asia.

"Di Indonesia, tujuan kami adalah mewujudkan konsep global, dan untuk melakukannya, kami terus memberikan nilai baru kepada masyarakat dan warga lokal, memastikan bahwa setiap mal kami menjadi bagian penting bagi pengunjung. Kami percaya bahwa pembangunan berkelanjutan yang kami lakukan akan mengarah pada pertumbuhan area sekitarnya," kata pimpinan tertinggi dari operator mal asal Jepang tersebut.

Destinasi keluarga

Untuk keuntungan keluarga Indonesia, raksasa ritel ini memprioritaskan kenyamanan dan keselamatan pengunjung dengan desain tata letak mal yang sederhana yang mencakup ruang parkir yang cukup dan toilet luas dilengkapi dengan powder room dan fasilitas untuk penyandang disabilitas.

Di setiap malnya, AEON Mall juga dengan teliti dan memilih tenant ritel, restoran, dan hiburan setiap tiga hingga lima tahun sekali, dengan tujuan membuat mal mereka menjadi tujuan terbaik bagi pengunjung.

"Kami bertujuan untuk menghadirkan entertainment kepada seluruh keluarga," kata Manajer Operasional Senior AEON Mall Indonesia, Juanita Rustandi ketika diwawancarai oleh Retail Asia.

Prinsip ini diwujudkan dengan mengahdirkan fitur yang dapat menghibur anak-anak serta orang tua mereka. Dalam hal ini, AEON Mall secara konsisten mengadakan acara-acara selama musim-musim besar seperti Ramadan, Tahun Baru Imlek, Natal, dan liburan sekolah. Salah satu acara yang diselenggarakan oleh mal adalah kompetisi bulu tangkis untuk anak-anak selama liburan sekolah.

Sementara itu, AEON Mall Jakarta Garden City menampilkan bianglala dan arena skating es. Untuk AEON Mall Tanjung Barat, beragam pilihan ritel, hiburan, dan restoran menarik bagi keluarga, mahasiswa, dan eksekutif muda di area tersebut.

Selain itu, Okada mengungkapkan bahwa salah satu kekuatan AEON adalah adanya bagian Sushi dan Delikatesen di supermarket. Bisa dikatakan bahwa mal-mal AEON menjadi pionir dalam penyediaan sushi segar dan terjangkau.

"Kami adalah mal dengan Japanese root, kami sudah merayakan tahun ke-9 sejak membuka toko pertama di Indonesia, yaitu AEON Mall BSD. Grup AEON memiliki departemen toko yang dioperasikan khusus oleh salah satu perusahaan dalam grup kami sebagai tenant," kata Okada.\

"Walaupun kami menghadapi tantangan dalam memperoleh barang dagangan saat pertama kali dibuka, kami sekarang telah berhasil menciptakan kehadiran khusus di bagian Sushi dan Delikatesen dari supermarket, yang telah menjadi salah satu kekuatan mal kami," tambahnya.

Adaptasi online

Keunggulan lain dari AEON Mall Indonesia adalah kemampuannya untuk beradaptasi dengan tren ritel, khususnya omni-channel yang meningkatkan pengalaman belanja yang personal.

"Mal harus lebih dari sekadar tempat belanja dan makan; mal harus menjadi tempat di mana pengunjung dapat menghabiskan waktu dengan menyenangkan. Dengan cara ini, mal dapat bertahan," kata Okada saat ia menyatakan komitmennya untuk terus beradaptasi dengan perubahan preferensi orang, terutama dengan peralihan ke digital pasca-COVID-19.

Komitmen ini ditunjukkan dengan peluncuran acara live streaming oleh AEON Mall melalui Instagram resmi mereka beberapa kali setahun. Acara-acara online ini bertujuan untuk membantu penyewa mal meningkatkan penjualan mereka.

Dari inovasi Online to Offline, AEON mampu membentuk kampanye yang kuat dalam penjualan live streaming, promosi khusus, dan lelang di mana pemenang dapat mengambil hadiah mereka di mal.

AEON Mall Indonesia juga patut diacungi jempol karena merancang aplikasi seluler sendiri sebagai program loyalitas bagi pengunjung setia. Aplikasi seluler, dengan 196.256 pengguna pada akhir 2023, juga berfungsi sebagai dompet elektronik untuk transaksi di Food Court AEON Mall.

"Selain itu, aplikasi ini juga memberikan reward bagi pelanggan dengan pembelanjaan tunai, poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah-hadiah spesial, dan diskon eksklusif di penyewa AEON Mall. Kami berkomitmen untuk menyediakan pengalaman berbelanja yang lancar dan nyaman bagi semua pengunjung kami," kata Okada.

Rencana di masa depan

AEON Mall Indonesia telah mencatat rata-rata lalu lintas bulanan lebih dari 1 juta pengunjung untuk AEON BSD, lebih dari 800.000 untuk AEON Jakarta Garden City dan AEON Sentul City, dan lebih dari 500.000 untuk AEON Tanjung Barat. Jumlah total penyewa mencapai sekitar 977 di empat mal tersebut.

Dengan diantisipasi dibukanya mal kelima mereka, AEON Mall Deltamas di Cikarang tahun ini, raksasa ritel ini akan terletak strategis di kota mandiri baru yang terintegrasi modern. Meliputi luas area 200.000 meter persegi, ini akan menjadi mal AEON terbesar di Asia Tenggara.

Berbicara tentang desain, mal baru ini mengadopsi konsep "Nature, Entertainment, Future, and Japanese Ambience." Okada mengatakan mal tiga lantai ini akan menampung 350 penyewa lokal dan internasional, dengan area parkir yang luas untuk 3.500 mobil dan 4.000 sepeda motor.

"Kami percaya bahwa mal-mal AEON, termasuk AEON Mall Deltamas, akan menetapkan standar baru di sektor ritel dan menyediakan lingkungan belanja yang memprioritaskan kenyamanan dan keselamatan pengunjung kami," katanya.

Industri garmen dan tekstil Indonesia mendesak pemerintah untuk bertindak terhadap impor, biaya, dan ketidakstabilan

Industri menghadapi tantangan seperti rendahnya daya saing, PHK massal, dan pasar ekspor yang menurun.

Meningkatnya minimarket memaksa toko-toko format besar untuk memikirkan ulang strategi pertumbuhan mereka

Fokus mereka seharusnya beralih ke arah kepadatan pelanggan dibandingkan skala toko.

AEON Mall Indonesia menguasai pengalaman berbelanja di daerah pinggiran kota

Mal AEON kelima yang akan dibuka di Kota Deltamas pada Maret 2024 akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Aeon akan memasang sistem tenaga surya di pusat perbelanjaan di Indonesia

Panel surya di Aeon Mall BSD City akan menghasilkan 1.

MST Golf mengubah lanskap ritel golf di Indonesia

Eksekutif ERAL percaya bahwa kemitraan ini akan mendorong gaya hidup bermain golf di seluruh Asia.

Menghargai Warisan Evelyn B. Salire — Alive, Ablaze, dan Active

Kepemimpinannya selama 29 tahun telah mengubah Asosiasi Peritel Filipina menjadi kekuatan ritel modern yang responsif.

GrandLucky Superstore memanfaatkan customer insight dalam mengkurasi produknya 

Superstore ini kini beroperasi di tujuh lokasi di seluruh Indonesia.

Memberikan pengalaman belanja terbaik: Bagaimana teknologi mengarahkan masa depan berbelanja di Asia

Omnichannel tetap krusial untuk operasi bisnis, sementara AI terbukti bermanfaat di bagian front dan back-end.